Sabtu, 26 Desember 2015

Sejarah berdirinya PS Mustika Kwitang



SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA
PERGURUAN PENCAK SILAT  “ MUSTIKA KWITANG “

Perguruan Pencak Silat “ Mustika Kwitang “ adalah salah satu perguruan pencak silat tertua di Jakarta, yang berdiri pada tanggal 27 September 1948, bertepatan dengan diselenggarakannya Pekan Olah Raga Nasional pertama di Solo, pendiri dari PS. Mustika Kwitang ini adalah seorang tokoh yang sudah cukup dikenal dikalangan persilatan di Jakarta pada saat itu, yang bernama H. Moch Djaelani.
Hal yg menarik dari aliran silat Mustika Kwitang ini, berpadunya ilmu silat Cina dan silat Betawi, unsur silat cina yg masuk dalam aliran silat Mustika Kwitang ini dibawa oleh seorang perantau dari cina yang bernama Kwie Tang Kiam, perpaduan inilah menjadikan Mustika Kwitang menjadi perguruan pencak silat yANg cukup tangguh dan disegani di Jakarta.

Pada tahun 1952 H. Muhamad Zaelani menyerahkan Perguruan Silat Mustika Kwitang ini kepada cucunya yang bernama Zakaria Abdurachim yang sampai saat ini menjadi guru besar dari PS.Mustika Kwitang, pada tahun 1952 ini pula berlangsung PON-II di Jakarta dan ketika itu  Pencak Silat resmi menjadi salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan, pada PON-II ini Bp. Zakaria turun sebagai atlet dan keluar sebagai juara PON-II. Pada saat pemerintahan Soekarno tahun 1953. Bp. Zakaria pernah di undang oleh  Bung Karno ke Istana Negara untuk mendampingi tamu negara dari jepang Nakayama Guru Besar Karateka di Jepang, ketika itu Bp.Zakaria diminta untuk mendemontrasikan keahliannya. Pada kejuaran PON berikutnya ; PON-III tahun 1953 di Medan, PON-IV tahun 1957 di Makasar  dan PON-V tahun 1961 di Bandung, Bp.Zakaria selalu mewakili kontingen dari Jakarta dan berturut-turut pula menjadi juara. Ketika  Persatuan Pencak Silat Putra Betawi menyelenggarakan kejuaran pada tahun 1989 PS.Mustika Kwitang sempat mejadi juara umum dari nomor² yang dipertandingkan. Adapun murid2 dari Bp. H. Zakaria ini yg pernah mewakili DKI Jakarta dalam PON berikutnya adalah ; Suganda, Diantono, Lubena, Ishak.


Demikian sejarah singkat berdirinya PS. Mustika Kwitang dan beberapa prestasi yang telah dicapai oleh PS.Mustika Kwitang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar